Friday 5 August 2011

Hana heran deh sama orang-orang yang pacaran. Mereka tuh mesraaaa banget waktu pacaran, eh pas putus udah kayak musuh. Jarang ada yang baikan. Hana mau nyeritain beberapa pengalaman temen-temen Hana yang mungkin bisa jadi pelajaran.
Cerita pertama:
Malem itu Hana sms temen Hana, sebut aja O. Biasalah, Hana nanyain kabar terus nanya kenapa social network dia diapus semua. Lagi males OL, itu jawabannya. O putus sama pacarnya beberapa bulan yang lalu. Tiba-tiba O ingin curhat, ya sebagai teman yang baik saya pun mengabulkannya. Ia cerita tentang mantan pacarnya, sebut aja A. Begini kisahnya:
O: Bukannya aku mau ngejelek-jelekin A, tapi aku udah anggep kamu sodara jadi aku pengen cerita, boleh?
H: Iya, boleh.
O: A plin-plan banget Han, kata-katanya ga ada yang bisa dipegang, gitu intinya!!! Aku ga nyangka kayak gitu, aku tetep baik sama dia tapi dia tetep kayak gitu. Bahasa kasarnya, munafik!
H: Emang A kenapa?
O: Dia tuh yang duluan hubungi aku, 2 hari kemudian cewenya nelpon terus ngatai2in aku cewe ***** ganggu2 A. Padahal A duluan yang hubungi aku nanya kabar. Itu apa namanya? Pasti A kedapatan terus dia bilang aku yang ganggu dia. Muna kan Han?
H: Udah sabar aja ya. Kalo mau clear, harusnya kamu jelasin ke cewenya A kalo A yang nelpon duluan, kamu juga kasih tau A kalo cewenya nelpon dan suruh dia jujur sama cewenya. Kasian kan kalo kamu yang dipojokin dan dituduh macem-macem.
O: Iya Han, walaupun aku ga salah, aku cuma bisa nangis dalam hati. Aku cuma bisa sedih gini.
H: Udah ga usah dipikirin. Kalo mau jelasin aja semuanya, biar kamu tetep baik sama A dan D
Ini kisah pertama. Kisah yang dialami temen Hana sendiri. Dulu, A dan O pacaran udah hampir 6 tahun namun mereka putus di tahun ke-5. Hana inget banget gimana gaya pacaran mereka yang sering ngumbar kemesraan lewat jejaring sosial baik foto maupun wall. Keluarga mereka pun sudah saling kenal. Sepertinya mereka memang serius dalam menjalin hubungan. Tapi siapa sangka, setelah putus malah seperti ini.
Kisah ke-2
Kisah ini merupakan pengalaman dari temen kos Hana. Sebut aja namanya I. Ia sudah berpacaran selama 3 setengah tahun dengan R.    
Beberapa bulan yang lalu mereka putus. Lagi-lagi Hana menjadi tempat curhat temen-temen yang patah hati. Mungkin sudah habis air matanya hingga ia tak pernah keliatan menangis di depan Hana. Tapi tubuhnya menceritakan segalanya. Ia terlihat lebih kurus, dan memang ternyata berat badannya turun hingga 8 kilo. Ia cerita bahwa ia tak mau kehilangan R, ia memiliki keyakinan bahwa R adalah suaminya kelak. Hana hanya bisa menasehatinya ”Ga boleh gitu, takdir hanya Allah yang tahu”. I pun melanjutkan ceritanya bahwa ia tak bisa melupakan R. Tahukah kalian bahwa pasca putus dengan R, temen saya yang cantik ini sempat menginap di RS selama 3 hari dan harus diinfus karena kondisi tubhnya nge-drop? Ternyata cinta memiliki kekuatan yang dahsyat. Memberi kebahagiaan bagi yang mendapatkannya, dan memberi penderitaan bagi yang kehilangannya. Hana dan temen kosan lainnya berusaha menemani I yang sedang rapuh. Hana juga bercermin, Hana pun dulu pernah merasakan sakit akibat cinta. Memang kita tak boleh diperdaya cinta, apalagi menggantungkan harapan padanya. Seolah cintalah yang menjadi Tuhan kita. Alhamdulillah, kondisi teman Hana ini berangsur membaik. Kesibukan KKN mengalihkan perhatiannya dari pikiran akan mantannya tersebut. Dan yang paling membahagiakan adalah ia jadi rajin mendekatkan diri pada Allah.
Alhamdulillah, Allah masih melindungi Hana dari hal-hal menyakitkan tersebut. Biarlah orang mengatakan Hana kampungan atau sebagainya karena ga pernah pacaran, tapi sebenernya Hana justru bersyukur masih diberi keselamatan untuk menjaga diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang banyak mudharatnya.
Orang mungkin berfikir, emang Hana ga pernah jatuh cinta?
Cinta adalah fitrah bagi setiap manusia dan tentu saja Hana pun merasakannya.  Manusiawi jika seseorang bisa jatuh cinta, tapi bagaimana cara ia mengelolanya adalah yang terpenting.
Emang apa gunanya kalo misalnya Hana pacaran sama seorang cowok yang Hana idamkan? Mau jalan bareng, telpon-telponan tiap hari, nonton bioskop berduaan? Nambahin dosa aja. I think those things only wasting my time. Toh status Hana sama doi baru pacaran (misalnya lho ya). Kalo dia mau deket-deket ama cewe lain, ya terserah aja. Kan emang Hana belum ada hak untuk melarangnya, Hana belum jadi istrinya. Justru masalah bakal banyak timbul ketika hubungan tersebut kandas di tengah jalan. Mending kalo bisa memelihara hubungan baik sama mantan, kalo ga bisa? MEMBLE! Kadang hubungan sama mantan pacar jadi runyam dan lagak ga kenal.
Beda ceritanya ketika kita memang sudah terikat dalam pernikahan. Semua yang kita lakukan dengan pasangan justru akan menjadi ibadah. Makanya Hana ga mau terikat sama hubungan yang ga pasti. Mending banyakin temen aja dulu sebanyak-banyaknya, mencari ilmu, selesein kuliah, ikut organisasi, gaul dengan lingkungan sekitar, ikut serta dalam kegiatan sosial, banyak deh. Daripada pikiran terkuras sama hal-hal yang ga jelas juntrungannya. Masa iya mikirin mantan atau pacar terus. Masa iya mereka sebanding dengan waktu kalian. Masa depan ga ada yang tau, jadi lebih baik kita menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum hari itu tiba. Hari dimana seseorang bersedia menemani kalian dalam menjalani hidup bersama. Ecieeeeeh, Hana panjang banget dah pikirannya.
Hahahaha biarin ah, semoga tulisan ini bermanfaat ya!

2 comments:

  1. setujuu banget kak :D
    hihihi, pengen deh jadi kyaak kak hana, menjaga diri banget hehehe :)

    ReplyDelete
  2. hana, bagus banget postingan lo ini .. inspirasi banget buat orang2 yang patah hati. btw, follow me back dongs han. :) thanks

    ReplyDelete