Friday 5 August 2011

KKN-teaching children is very fun!

Seneng deh bisa ngajar anak-anak SD selama KKN. Mengingat pelajaran beberapa tahun silam memang asik. Kemarin Hana ngajarin Matematika untuk kelas 5 SD. Kebetulan topiknya FPB dan KPK, wah udah lama ga belajar ngitung, giliran disuruh ngajarin Matematika malah ketagihan. HEHEHE..
Tapi agak sedih juga ketika menemukan seorang anak kelas 4 SD yang masih kesulitan dalam menulis. Heran aja, kok bisa ya udah kelas 4 masih belum bisa menulis dengan lancar. Pengeeeen banget ngajarin anak-anak itu untuk bisa menulis. Semoga masih ada kesempatan di esok hari.




Mengajar anak-anak SD tidak mudah lho, kita harus memahami bahasa dan mood mereka. Jika kita memakai bahasa yang unfamiliar, mereka akan sulit memahami pelajaran yang kita ajarkan. Begitupun ketika mood mereka sedang tidak baik, misalnya bosan. Kita harus peka terhadap perubahan emosi anak. Ajarkan topik dengan cara yang tidak biasa, misalnya menambahkan game, lagu, atau cerita dalam pelajaran tersebut. Cara tersebut bisa meningkatkan ketertarikan anak dalam mempelajari sesuatu.

No comments:

Post a Comment