Thursday 19 January 2012

a spontaneous trip to jogja


Udah ga sabar nih mau cerita pengalaman liburan dadakan Hana ke jogja minggu lalu. Kenapa namanya liburan dadakan? Karena emang ini bener-bener dadakan! Bayangin aja, tanggal 12 adalah hari terakhir Hana uas, dan malamnya Hana dan sahabat2 nekat meluncur ke stasion kiara condong untuk membeli tiket on the spot to jogja. Kurang gila apa lagi coba!
Tanpa rencana yang matang, malam itu Hana berangkat bareng Silvi, Aini, dan Vera (sohib2 tercinta) plus Dita, Dila, dan Tio (pacarnya Dila). Tio disini Cuma cowok sendiri, kayaknya sih fungsi dia disini jadi koordinator keamanan HAHAHAHAHAHAHA.

ALHAMDULILLAH, kami bertujuh dapet tiket ekonomi ke Jogja hanya dengan 35 ribu per tiket! 

Awalnya Hana udah ngebayangin macem-macem. Gimana ya rasanya naek kereta ekonomi? Hana belum pernah naek kereta ekonomi seumur-umur, dan sekarang Hana akan merasakannya dalam hitungan jam.
Kami berangkat dari stasiun Kiara condong, Bandung pukul setengah 9 malam. Begitu kereta dateng, kami langsung masuk ke gerbongnya dan mencari tempat duduk. Syukurnya kami semua mendapatkan tempat duduk. Alhamdulillah........
Akibat kelelahan, Hana pun memutuskan untuk tidur selama perjalanan. Baru saja Hana akan menutup mata untuk istirahat, tiba-tiba segerombolan penjual memenuhi lorong-lorong gerbong kereta.
”MIJON....MIJON....AQUA...MIJON”
”JAHE ANGET..JAHE ANGET..BANDREK..BANDREK..BAJIGUR PANAS...”
”NASI AYAM..NASI AYAM TELUR..5RIBU AJA..5 RIBU AJA..”
”BANTAL...BANTAL...DISEWAIN 4RIBU AJA.....”
Hana yang berniat akan tidur pun kembali terjaga. Kereta yang Hana tumpangi selalu berhenti di setiap stasion, dan goyangan serta guncangannya benar-benar terasa. Lebih mirip naek delman di jalan ajrut-ajrutan daripada naek kereta hahaha but I enjoy it. Saya pun menyadari, ohh gini toh rasanya naek kereta ekonomi...
Kami tiba di Jogja keesokan harinya, tanggal 13 Januari. Kami turun di stasion Lempuyangan dan kemudian berjalan kaki ke malioboro.




Perut sudah keroncongan, kami pun berhenti sejenak di sebuah angkringan. Menikmati nasi kucing seharga 1.500 rupiah dan segelas teh anget seharga 2.000 rupiah. Total harga sarapan Hana pagi itu hanya 3.500 rupiah. Bener-bener harga yang bikin isi dompet awet hehehehe.
Kami pun melanjutkan perjalanan naek bis menuju Sleman, tempat Bulenya Dita yang menjadi tempat kami menginap. Bis dari malioboro sampe depan gang rumah bulenya Dita ditarif hanya dengan 2.500 per orang.
Sesampainya di rumah Bulenya Dita, kami disambut hangat sekali oleh keluarganya. Senang sekali bisa bertemu dan mengenal mereka. 

Hana di Jogja dari jumat pagi dan kembali ke Bandung pada minggu malem. Selama di Jogja, Hana dan teman-teman menyempatkan diri untuk beanja di Malioboro dan Pasar Beringharjo, makan pecel di Malioboro, ke candi Prambanan, dan foto-foto. 


Hana bener-bener terpesona sama kota Jogja. Kota yang sangat kental dengan budaya dan keratonnya. Seneng banget bisa ngerasain hidup disana walau cuma 3 hari. Hana sering banget ketemu bule disana. Hana juga sering ngeliat nenek-nenek yang udah sangat tua namun masih segar bugar untuk tetap bekerja keras menjual makanan atau souvenir di Malioboro. Itu seperti hentakan keras untuk Hana. Mereka yang sudah berumur aja masih punya semangat untuk SURVIVE, masa Hana yang masih 21 tahun ini sering banget down cuma gara-gara hal sepele sebangsa cinta konyol atau tugas yang bejibun. Jadi malu....
Oia Hana juga sempet ketemu salah satu temen facebook, namanya Icha. Hana diajak makan ke sebuah cafe yang super cozy banget sama Icha! Namanya oocafe. Disana makanannya sehat karena ga pake penyedap rasa, dan bahan kimia seperti pemanis, pewarna, dan pengawet makanan. Makasih banyak ya Cha udah ngajak Hana jalan-jalan kesana. Walau kita ketemu cuma bentar, tapi itu udah jadi momen berharga untuk silaturahim :D


Makasih ya Allah, Hana udah dikasih kesempatan dengan cara yang lain. Mengunjungi Jogja dan belajar dari kehidupan di sana.
Though I didn’t bring much money, I got a lot of priceless experiences there, alhamdulillah…
:)

1 comment: