Sunday 20 June 2010

be grateful and thankful :D

setiap manusia di dunia ini memiliki ujian dan cobaan yang harus mereka hadapi. ujian dan cobaan itu diberikan Alloh agar kita dapat memetik pelajaran darinya, sarana untuk meningkatkan keimanan, dan belajar untuk menjadi hamba-Nya yang lebih bersyukur.

kehidupan teman-teman saya menjadi refleksi pembelajaran tersendiri bagi saya.

aniel (salah seorang teman saya) diuji dengan kepergian ibunya.
ririn dan leny (sahabat saya) yang ayahnya telah tiada.
rifa (teman sekelas saya) yang kedua orang tuanya telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

mereka adalah teman dan sahabat saya yang memiliki kehidupan luar biasa. mereka tetap tegar dan kuat dalam menjalani kehidupan mereka. jika dibandingkan dengan mereka, betapa beruntungnya saya. kedua orang tua saya masih ada, saya memiliki adik-adik yang lucu, dikelilingi orang-orang yang menyayangi saya. apa lagi yang kurang?

satu hal yang terkadang saya lupakan adalah bersyukur. bahkan teman-teman saya yang ayah atau ibunya atau bahkan kedua orang tuanya telah tiada pun harus senantiasa bersyukur kepada Alloh. ujian dan cobaan adalah sebuah cara untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. mereka bisa belajar banyak dari kejadian itu.

contohnya aniel. ia adalah teman baik saya. ia merupakan anak semata wayang yang sangat disayangi oleh kedua orang tuanya. kedua orangtuanya selalu berusaha menuruti semua kemauan dan permintaannya. namun setelah ibunya telah tiada, aniel banyak berubah. saya melihat sendiri perubahan perilakunya. ia kini menjadi aniel yang sangat dewasa, bertangggung jawab dan mandiri. mungkin Alloh ingin memberikan pelajaran hidup padanya melalui kepergian ibunya.

setiap manusia di dunia selama ia masih hidup, pasti akan selalu dicekoki ujian dan cobaan. ujian dan cobaan tidak selalu kesedihan, kekurangan, dan penderitaan. kegembiraan, kelebihan, dan suka cita juga merupakan ujian. contohnya, orang yang memiliki kelebihan harta adalah orang yang sedang diuji, apakah hartanya dipakai untuk kebaikan atau sebaliknya. begitu juga orang yang memiliki kecerdasan intelektual, apakah itu akan menjadikannya sombong dan angkuh hingga melupakan Sang Pencipta?

jadi jangan merasa Alloh tidak adil. setiap manusia diberikan ujian dan cobaan tersendiri oleh Alloh. yang perlu diingat adalah setiap cobaan dan ujian itu tidak akan pernah melampaui batas kemampuan manusia. berdoa, berusaha, bersabar, dan selalu ikhlas adalah kunci untuk menyelesaikan segala problematika kehidupan :)


Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.(QS. 108:1-2)



be thankful for what you've got, because everyone else might not lucky enough to have what you have got. alhamdulillah :)

No comments:

Post a Comment