Wednesday 11 May 2011

Minang Family Wannabe


Mahasiswa-mahasiswi UPI lagi riweuh banget buat daftar KKN. Hana juga ikutan riweuh. Tadinya Hana udah pasrah aja dah mau dapet kelompok siapa dan tempatnya dimana. Tapi tiba-tiba ada sms dari Ani, bunyinya:
A: han, dah dpt klp KKN? Mau ikut klp ani ga?
H: blm dapet nih, ama siapa aja An?
A: Ani, nella, deri, tuti, koi, danil dsb..
H: oke hana ikut klp kamu
            Dalam memilih kelompok KKN, kita ga boleh sekelompok dengan orang yang jurusannya sama. Harus random dan terdiri atas various major in each group. Tiap kelompok terdiri atas 10 orang. Hana bersyukur banget diajakin sama Ani disaat temen-temen Hana babak belur nyari-nyari kelompok KKN.
Beberapa hari kemudian Hana disuruh ngumpul di Al-Furqon untuk rapat kelompok. Nentuin ketua, program dan tempat yang dipilih untuk KKN. Hana sih dateng aja, toh sekalian kenalan ama anggota lain yang belum Hana kenal. Daaaan... Jejejejeeeeeeeeng..
Hana baru ngeh ternyata 8 dari 10 personel kelompok Hana adalah orang Minang hahahaha ciyek duo tigo sapayung baduo ribuik ribuik lah semua dengan bahasa Minangnya. Apa yang dilakukan Hana ketika mereka bicara dengan bahasa asli mereka? Cengok, bengong ngeliat mereka ketawa, ngobrol, dan berinteraksi dengan bahasa yang menurut Hana sangat unfamiliar. Tapi lucu loh bahasa mereka, kampung jadi kampuang, jauh jadi jauah, mata jadi mato. Berarti kalo Hana cantik sekali bahasa minangnya Hana cantiak sekalio *ngarang bebas hahahahaa
            Senenglah udah ketemu calon temen-temen seatap buat KKN. Mereka baik-baik dan memiliki solidaritas tinggi. Seneng deh bisa kenal kalian. Kayaknya Hana harus belajar bahasa Minang dulu nih sebelum terjun KKN. Ada yang buka lesnya ga sih?
            Inget banget dulu pas P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) 2009 Hana ikut ngajar SD kelas 2 di Pangalengan selama seminggu. Kebetulan daerahnya agak terpencil jadi anak-anaknya banyak yang belum bisa bahasa Indonesia. Mereka hidup dengan bahasa Sunda yang sangat kental. Nah, ada kejadian lucu waktu Hana ngajar bocah-bocah polos ini.
Hana: Anak-anak, kata-kata ini ditulis di buku tulis kalian ya...
Murid: Eta teh diserat bu?
Hana: Ini ditulis, bukan diserat
Murid: Muhun, diserat
Hana: Ditulis ya anak-anak.. *keukeuh memberi instruksi pada mereka untuk menulis*
Alif: Iya, diserat anak-anak
Hana: Apaan sih Lif, diserat? Lo kate tebu pake diserat?
Alif: Bahasa sundanya ditulis tuh diserat, Na..
Hana: *speechless*
  Gini nih kalo guru sotoy, ga tau bahasa Sunda eh keukeuh aja bertahan dengan sotosness-nya hahahaha maaf ya murid-muridku sekalian. Silakan diserat....
Hihihihi...


Pokoknya kegiatan kayak gini tuh seru! Bakal jadi pengalaman yang ga bisa dilupain. Banyak ilmu yang ga bersifat akademik. Ilmu yang ga kita dapet di kelas, tapi didapatkan secara practical. Belajar untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan peka terhadap masyarakat yang baru kita temui.
            Harus siap-siap nih buat KKN. Banyak banget project yang harus kelar di akhir bulan ini:
  1. Research Proposal
  2. Report Kwu
  3. Join TEYL seminar
 Terus lanjut prepare buat UAS dan siap-siap KKN. Huaaah, rasanya banyak banget yah yang harus dikerjain. Mikirnya aja udah pusyiiiiing. Tapi harus tetep semangat. Jangan hanya dipikirin aja, tapi harus do the action to make it real :D

No comments:

Post a Comment