Sunday 8 April 2012

busy like a bee


I’m totally busy like a bee recently. Semester ini emang cuma ada 3 mata kuliah: PLP, skripsi, ama sidang. But the most incredible thing that dominates my time is PLP. I don’t touch my skripsi yet. Yaiyalah toefl score juga belom tembus 500, ya belum bisa nyusun skripsilah. But I don’t even take toefl test again. Not because I’m lazy, but because I don’t have any time.
From Monday til Friday, I have to go to SMPN 5 where the place of my PLP is. Disana Hana ngajar bahasa Inggris (ga mungkin juga kali Hana ngajar olahraga) hahahaha. Nah, selama 1 semester ini Hana latihan jadi guru, menabung pengalaman untuk bekal masa depan jadi seorang ibu ecieh hehehe. Eh tapi ada suka dan dukanya nih selama PLP kurang lebih 3 bulan ini.
Oke, Hana bakal nyeritain dukanya dulu.
Menjalani PLP ini serasa kerja rodi *lebay* abis kita full day banget dong di sekolah. Berangkat jam 6 pagi pulang jam 3 sore. Berasa jadi anak sekolah lagi ga sih. Makanya jangan heran kalo udah pulang PLP tuh Hana jarang banget buat nonton TV atau bercengkarama dengan temen kosan. Bukannya sombong atau ga mau menikmati hidup. But I have more responsibilities now. Hana harus berkutat bikin RPP, media, atau assessment buat pertemuan selanjutnya. Ga lucu kan kalo kita sama sekali ga memahami materi yang kita ajarkan. After preparing those teaching instruments, I have to take a rest. Hana ga bisa tidur kemaleman karena besoknya harus bangun jam 5 atau bahkan jam 4 buat siap-siap ke sekolah. Lebih baik tidur dan bangun lebih awal daripada tidur telat dan bangun juga telat.
Di sekolah, kami para cagur (calon guru) ga cuma ngajar doang kerjaannya. Kita juga harus piket (mencet bel), piket perpus, kadang harus menggantikan guru yang tidak hadir, dsb, dsb. Melelahkan sih, tapi seneng juga. Dari sini Hana belajar, oh….gini toh rasanya jadi guru hehehehehe.
Buruknya, karena kita jadi orang yang sangat sibuk sekali, maka tak jarang kami melupakan hal yang paling penting bagi umat sejagat raya: makan! hohoho Hana sering banget lupa makan kalo kerjaan udah bejibun. Ujung-ujungnya maag kambuh, tubuh nge-drop, kesehatan memburuk, dan akhirnya jatuh sakit. I got sore throat, cough and cold gara-gara kecapean. Semenjak itu Hana ga mau lagi telat makan.
Itu duka2nya selama PLP, sekarang Hana mau nyeritain senengnya.
Menjalani PLP berarti kita bertemu orang-orang baru, menikmati tempat baru, dan mendapatkan pengalaman baru.
Hana seneng banget dapet temen-temen PLP yang asyik dan baik-baik. Guru pamong Hana juga baiiiiiiiiiiiik banget hehehehehehe. Dan yang paling bikin seneng ketika murid-murid antusias dalam belajar. Rasanya kayak terbang diawang-awang. Merasa dihargai banget. Kebetulan Hana ngajar kelas 7 dan kelas 8. Anak kelas 7 biasanya masih culun-culun, maklum sifat anak-anaknya masih ada. Kalo anak kelas 8, mereka terlihat lebih dewasa.  Oh ya, Hana pernah ngerasain pengalaman manis saat akan mengajar, pas masuk kelas anak-anak udah nyapa dan semangat duluan dengan berkata “Ibuuuuu, hari ini kita belajar apa bu?” “Bu, ngajar disini aja ya selamanya, pasti anaknya pada pinter-pinter kalo ibu yang ngajar” hehehehehehehe.
Hana seneng banget memperhatikan tingkah laku dan gaya mereka. Lucu, unik, polos, jujur, dan tanpa beban =) =)
Kurang lebih sisa  sebulan Hana mengajar di SMP 5. Semoga Hana bisa memberikan kontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengajar itu mudah, tapi membimbing yang susah. Sebagai guru, Hana ga hanya mengajarkan mereka tentang pelajaran bahasa Inggris. Hana juga berusaha mengajarkan akhlaq yang baik pada mereka. Seperti motto SMAN 3 Bandung: Knowledge is a power, but character is more :)   

Oke, cukup sekian cerita Hana tentang episode PLP. Insya Allah nanti Hana cerita lebih banyak di post selanjutnya. Keep busy and happy =)

No comments:

Post a Comment