Monday 23 January 2017

Karena Keburukan Diri Sendiri

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam ketaatan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Alloh, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri..” (QS. An Nisaa [4] : 79)

Saudaraku, apa yang paling mengancam diri kita di dunia ini? Tiada lain adalah keburukan diri kita sendiri. Orang sering berpikir takut kalau-kalau orang lain menyakitinya, menghinanya, meremehkannya, mengkhianatinya. Sehingga pikirannya terus fokus pada orang lain. Padahal keburukan tidak akan datang jika kita tidak berbuat buruk.

Setiap keburukan yang kita lakukan, itu adalah ibarat ranjau. Namun, kita lupa dimana saja kita sudah memasang ranjau-ranjau tersebut. Sehingga ranjau-ranjau itu mencelakai diri kita sendiri.

Seperti saat longsor terjadi, penyebabnya adalah ulah manusia sendiri yang tamak menebangi hutan sehingga akar-akar tercerabut dari tanahnya menyebabkan tanah menjadi labil. Atau seperti banjir, adalah karena ulah manusia sendiri yang menyepelekan fungsi sungai atau selokan dan malah memenuhinya dengan sampah.

Maka, yang terpenting bagi kita dalam hidup ini adalah sibuk memperbaiki diri, menjauhkan perangai buruk, menjauhi kemaksiatan, menjauhi sikap merendahkan dan meremehkan orang lain. Sibuk membersihkan hati, meluruskan ibadah, dan memelihara akhlak mulia.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mendapatkan bimbingan petunjuk Alloh Swt. sehingga terhindar dari perilaku yang buruk yang bisa menyebabkan datangnya keburukan pada diri kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

No comments:

Post a Comment