Saturday 16 April 2011

how to heal a broken heart?

Hana punya banyak tips nih buat temen-temen yang lagi patah hati. Keren kan, hahaha biasa aja kok, gini-gini juga Hana pernah patah hati (jadi tips-tips di bawah ini berdasarkan pengalaman pribadi Hana). Banyak yang bilang, kita bisa melupakan seseorang dengan mencari penggantinya. Misalnya ada yang pacaran trus putus, nah sakit hati bisa sembuh kalo kita punya pacar baru. Hahahaha kalo Hana sih ga milih jalan pintas kayak gitu. Menurut Hana, itu sama aja buat masalah baru. Ketika kita punya pacar baru, otomatis kita bakal sangat bergantung sama orang tersebut. Apapun. Kebahagiaan, keadaan emosional, dan perasaan kita jadi terikat sama dia. Hellooooooooo, itu ga sehat gals. Apa kita mau menggantungkan segalanya pada seseorang yang belum tentu menjadi milik kita nantinya? Kalo Hana sih ga mau. Kita bisa mencari kebahagiaan kita sendiri dan ga bergantung sama orang lain. Oke, langsung aja deh Hana kasih tau kuncinya gimana kita bisa bahagia walau ga punya pacar.

1.       Sibukkan Diri
Kamu bisa les piano, karate, ikut organisasi atau daftar jadi anggota pecinta alam. Semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan, semakin cepat pula kamu melupakan seseorang. Ketika kita melakukan suatu aktivitas, maka kita akan fokus dan berkonsentrasi pada aktivitas tersebut. Misalnya lagi panjat tebing, masa iya kita masih mikirin doi. Salah-salah kita bakal jatoh dan nyium tebing kalo ga konsen sama tali dan tempat pijakan.

2.  Jangan dulu buka fb, twitter, atau apapun yang dapat mengingatkanmu dengan sakit hati.
Pas hampir lupa, eh kita malah buka profile fb atau twitter doi. Baca tweet atau status dia, terus tiba-tiba mewek ngeliat dia udah in a relationship with someone hahahaha konyol banget. Avoid all of the things that would recall you to him or her. Karena hati kamu lagi rapuh dan memiliki sensitivitas tinggi terhadap semua hal tentang doi. Kalo ga mau lebih parah lagi terjangkit virus galaunya, mending stop dulu. Puasa fb atau twitter for a while. Ini buat kebaikan kamu juga. Biar pikiran dan hati kamu bisa cepet pulih dari sakit hati.

3.      Manjakan diri
Kalo buat cewek sih bisa ke salon. Potong rambut, creambath, atau nyobain hair treatment. Ini bisa membuat pikiran dan tubuh kita lebih segar pasca galau time (mungkin sempet cry a river atau frustasi gara-gara patah hati). Pokoknya enjoy your life. Ajak aja sahabat dan temen-temen kamu untuk melakukan aktivitas ini. Bisa juga kan kita bikin lulur sendiri dari bengkoang atau masker jagung rame-rame bareng sohib kita. Atau kita bisa juga mandi aer anget untuk merilekskan tubuh. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memanjakan diri dan melupakan dia yang udah nyakitin hati kita. Inget, masih banyak ikan di laut (ikan lho ya, bukan cowok) hehehehehehe

4.      Wisata Kuliner
Menikmati berbagai makanan yang menggugah selera bisa membuat dirimu melupakan seseorang yang telah memberi luka di hatimu. Selain bermanfaat untuk menggantikan energi pasca nangis berhari-hari, wisata kuliner juga bisa ngasih kita motivasi untuk belajar masak. Kalian ga bakal inget lagi deh ama sakit hati. Apalagi kalo makan coklat dan es krim. Dijamiiin, perasaan kalian ga bakal melow-melow lagi. 

5.       Take a trip
Jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Ini akan membuat perasaanmu lebih tenang karena kita akan fokus berinteraksi dan memperhatikan segala hal yang ada di tempat baru tersebut. Kalian bisa pergi ke taman bunga, mengunjungi anak yatim, melihat bintang di Boscha, atau mungkin ke tempat-tempat wisata yang memiliki pemandangan indah. Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi di kegiatan-kegiatan yang disediakan tempat-tempat tersebut. Misalnya ikut outbond, berkenalan dengan anak-anak di panti asuhan, atau sekedar bermain dengan pengunjung lain. Bersosialisasi seperti ini dapat menyembuhkan rasa sakit hati. Pikirkanlah bahwa kita hidup dengan milyaran orang di dunia ini.

6.      Making Friends
Berteman dan berkenalan dengan orang-orang yang kamu temui. Bersikap ramah dan friendly akan memberi dampak yang besar pada hati kalian. Ketika kita memiliki teman baru, maka akan timbul kebahagiaan dalam hati kita. Ini akan mengusir rasa sakit jauh-jauh dan menggantikannya dengan perasaan positif. Mungkin kita sempet benci sama oknum yang udah bikin kita sakit hati, tapi ketika kita berinteraksi dengan orang lain, maka kebencian tersebut akan pudar. Kita menyadari bahwa ga ada gunanya kita membenci seseorang. Biarkanlah sakit yang kalian rasakan menjadi pelajaran berharga.

7.      Tertawa
Lihatlah hidup ini dari sudut pandang yang berbeda. Ga usah dipikirin deh rasa sakit yang kamu alami. Coba nonton beberapa film komedi atau berkumpul bersama keluarga dan sahabat untuk menonton acara TV yang dapat menghibur. Tertawa adalah obat mujarab untuk menghilangkan sakit dan luka yang sedang kita rasakan. Tertawa itu bikin sehat dan awet muda lho :D

Ya, itulah beberapa tips untuk menyembuhkan patah hati ala Hana. Inget ya, semua orang memiliki masalah. Tapi kita harus tetap survive karena masalah adalah pelajaran berharga dalam hidup ini. Malu dong kalo kita pesimis, putus asa, dan enggan untuk move on hanya gara-gara masalah sepele seperti cinta. Cinta kamu itu besar. Sayang kan kalo hanya diberikan untuk someone yang bahkan ga peduli sama kamu. Masih banyak yang membutuhkan cinta dan uluran tanganmu di dunia ini. Berikanlah cintamu pada mereka yang berhak menerimanya, maka hidupmu akan jauh lebih bahagia.

No comments:

Post a Comment