Monday, 5 November 2012

curhat


hello november!

udah bulan november aja. hana sekarang udah semester 9 di pendidikan bahasa inggris UPI hahaha belum lulus-lulus juga? belum. this semester I retake some courses, I have a reason to do that. IPK hana cuma 3 lebih dikit, so I decided to retake some courses which are C. hope that I can be better in this semester and get B or even A to increase my GPA hohoho. hana juga ngambil skripsi. bulan September kemarin hana udah masukin proposal tapi ampe sekarang belum nulis skripsi juga. kadang suka risih kalo orang nanya “hana kapan wisuda?, hana kapan lulus?, hana mau kerja dimana? bla bla bla….”. lucu juga sih, harusnya hana biasa aja nanggepin pertanyaan kayak gitu. kan wajar kalo ada yang nanya kayak gitu, tapi yaaa kadang suka capek harus menjawab hal-hal yang sama. apa perlu hana jelasin bahwa di kelas hana belum ada seorang pun yang wisuda ampe bulan ini bahkan di jurusan pendidikan bahasa inggris belum ada yang officially graduated.

sebagai mahasiswa bahasa inggris upi, kayaknya hana perlu ngejelasin deh mekanisme mahasiswa untuk bisa lulus:

1. sebelum masukin research proposal aka proposal skripsi, mahasiswa harus udah menyelesaikan seluruh mata kuliah (kecuali kalau mau ngulang nilai C itu masih bisa kayak ogut).

2. selain itu, syarat lain untuk bisa masukin proposal skripsi ke jurusan adalah nilai toefl anda harus mencapai 500 atau lebih. anda harus menyertakan fotokopian sertifikat toefl saat mengumpulkan proposal skripsi. toeflnya juga ga bisa dari institusi manapun. nilai toefl yang diakui oleh jurusan saya hanya yang berasala dari balai bahasa upi which is kita hanya boleh tes toefl dibalai bahasa upi. kenapa ini penting banget? karena khusus buat jurusan pendidikan bahasa inggris, the whole research paper is written in English.

3. setelah mengumpulkan proposal skripsi, langkah selanjutnya adalah menunggu seminar proposal skripsi. jarak antara ngumpulin skripsi ampe seminar kadang bisa ampe 2 bulan lebih. bĂȘte kan? Lama banget mameeeeen.

4. saat seminar para dosen akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan proposal skripsi kita. tentang penelitiannya, siapa yang akan diteliti, instrument penelitiannya apa, metodenya kayak gimana, dll. kadang kalo dosen menilai bahwa penilitian kita nonsense, maka kita harus mengubah judul proposal kita dan itu artinya kita bikin proposal skripsi ulang. namun jika dosen sudah cukup puas dengan rancangan penelitian kita, maka beliau akan memberikan pengarahan tantang langkah selanjutnya. biasanya sih bakal disuruh revisi proposal ulang kemudian mengumpulkan revisi proposal itu ke jurusan lagi.

5. setelah mengumpulkan revisi proposal, kita nunggu sk pembimbing skripsi dari jurusan dan lama waktu nunggunya juga sama kayak pas nunggu seminar, sekitar 2 bulan.

6. ketika sk pembimbing skripsi udah turun, baru deh kita bisa nyusun skripsi sambil bimbingan sama dosen kita.

7. selanjutnya sih sama aja kayak jurusan lain. kalo udah selesai nyusun skripsi, kita bisa daftar untuk sidang skripsi. dan dsitulah final of my undergraduate journey karena bakal ditentukan apakah kita lulus sidang apa ga. kalo lulus ya bisa wisuda, kalo ga ya pelajari lagi skripsinya.

nah, sekarang ngerti kan kenapa hana belum lulus ampe sekarang. hana sekarang masih dalam tahap menunggu seminar. makanya hana ngambil ulang mata kuliah yang dapet nilai c biar ada kegiatan saat menunggu seminar proposal.

jadi buat temen-temen seangkatan, atau temen-temen dari universitas lain yang juga belum lulus, jangan berkecil hati. jangan berfikir bahwa kita kalah dan lebih jelek dari mereka yang lulus lebih dulu.

we have our own challenges to finish our study. some students might have more difficulties and problems in order to get their degree, but these obstacles actually worth it because the most important thing about study is learning process. 

we learn a lot from the process. we learn how to cope with sadness and pain, we learn how to be patient when we have failed many times, we learn how to accept anything that might be contrast with our expectations, we learn how to wake up after we have been knocked down again and again, we learn so much. keep challenging friends, and remember, 

DO NOT GIVE UP!

doain hana ya bisa melalui tahap-tahap ini dengan lancar dan baik serta selalu dibimbing oleh-Nya^^  

No comments:

Post a Comment